Cari

Minggu, 24 Januari 2016

tugas sejarah wajib bab 1 kelompok 3



“PERKEMBANGAN ORGANISASI KEBANGSAAN 
PADA MASA KEPENDUDUKAN JEPANG”

ANGGOTA kelompok 3 :
  1. ANNISA RAHMADHIKA WIDOWATI         (03)
  2. DIANA ROFITA SARI                                        (08)
  3. GERANO SUKARNO                                         (13)
  4. MALIK KAMALUDIN BAZAR                         (18)
  5. NURUN NUBUWATI                                           (23)
  6. SEPTIANI EKA WAHYU PRATIWI               (28)

Ada satu perkembangan yang berbeda apabila kita memahami perkembangan organisasi pergerakan antara zaman colonial Belanda dengan era pendudukan Jepang. Pada masa colonial Belanda umumnya organisasi pergerakan yang muncul
dan berkembang di prakarsai oleh para pejuang rakyat Indonesia, tetapi pada zaman Jepang banyak organisasi atau perkumpulan yang berdiri di prakarsai oleh Jepang, sementara para tokoh Indonesia mencoba memanfaatkan organisasi ituuntuk kepentingan perjuangan.
Organisasi-organisasi pada masa Jepang, dapat dilihat sebagai berikut :
          A.     ORGANISASI SOSIAL KEMASYARAKATAN
a.      Gerakan 3A












Usaha pertama kali yang dilakukan Jepang untuk memikat dan mencari dukungan membantu kemenangannya dalam rangka pembentukan negara Asia Timur Raya adalah Gerakan 3A, yang mempunyai semboyan :
-          Nippon Cahaya Asia
-          Nippon Pelindung Asia
-          Nippon Pemimpin Asia
Organisasi tersebut dicanangkan pada bulan April 1942. Namun dibentuk pada tanggal 29 Maret 1942. Gerakan 3A ini dipimpin oleh Hihosyi Syimizu atau propagandis Jepang dan Mr. Syamsudin dari Indonesia. Untuk mendukung gerakan tersebut dibentuklah barisan pemuda dengan nama “Pemuda Asia Raya” di bawah pimpinan Sukarjo Wiryopranoto dengan menerbitkan Surat kabar Asia Raya. Gerakan 3A ini kurang mendapat simpati dari rakyat. Gerakan ini hanya berumur beberapa bulan saja. Pada bulan Desember 1942, Gerakan 3A dinyatakan gagal oleh Jepang.
b.      Pusat Tenaga Rakyat (Putera)












Gerakan 3A dianggap tidak efektif sehingga dibubarkan. Pada bulan Maret 1943, pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat atau Putera, yang dipimpin oleh 4 Serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Muh. Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan K. H Mas Mansyur.
Putera bertujuan memusatkan segala potensi masyarakat Indonesia untuk membantu Jepang dalam perang Asia Pasifik dan bagi Indonesia, Putera bertujuan untuk membangun dan menghidupkan kembali aspirasi bangsa yang tenggelam akibat imperialisme Belanda. Untuk mencapai tujuan tersebut maka, kegiatan yang harus dilakukan meliputi menimbulkan dan memperkuat kewajiban dan rasa tanggung jawab rakyat dalam menghapus penggaruh Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat. Putera pun berkembang dan bertambah kuat sekalipun di tingkat daerah tidak berkembang baik namun Putera berhasil mempersiapkan rakyat untuk kemerdekaan Indoesia. Oleh karena itu Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin nasionalis untuk mempersiapkan kemerdekaan tidak digunakan sebagai usaha menggerakkan masa untuk membantu Jepang. Pada tahun 1944 Putera dinyatakan bubar oleh Jepang.
c.        Badan Pertimbangan Pusat (Cuo Sangi In)












Cuo Sangi In adalah suatu badan yang bertugas mengajukan usulan kepada pemerintah serta menjawab pertanyaan mengenai soal-soal politik, dan menyarankan tindakan yang diperlukan oleh pemerintah militer Jepang. Badan ini dibentuk pada tanggal 1 Agustus 1943 yang beranggotakan 43 orang (semuanya orang Indonesia) dengan Ir. Soekarno sebagai ketuanya.
d.      Himpunan Kebaktian Jawa ( Jawa Hokokkai )
Putera oleh pihak Jepang dianggap lebih bermanfaat bagi Indonesia daripada untuk Jepang. Akibatnya pada tanggal 1 Januari 1944 Putera diganti oleh organisasi Jawa Hokkokai yang dibentuk oleh Jendral Kumakici Harada. Tujuannya adalah untuk menghimpun kekuatan rakyat dan digalang kebaktiannya. Di dalam tradisi Jepang, kebaktian ini memiliki 3 dasar, yaitu pengorbanan diri, mempertebal persaudaraan, dan melaksanakan sesuatu dengan bakti.
Tiga hal inilah yang dituntut dari rakyat Indonesia oleh pemerintah Jepang. Dalam kegiatannya, Jawa Hokkokai menjadi pelaksana distribusi barang yang dipergunakan untuk perang,seperti emas, permata, besi dan alumunium dan lain-lain yang dianggap penting untuk perang.
e.       Majelis Islam A’la Indonesia(MIAI)









       Satu-satunya organisai pergerakan nasional yang masih diperkenankan berdiri pada masa pendudukan jepang ialah MIAI. Golongan ini memperoleh kelonggaran karena dinilai paling anti-barat sehingga akan mudah dirangkul. MIAI diakui sebagai organisasi resmi umat Islam dengan syarat harus mengubah asas dan tujuannya. Kegiatannya terbatas pada pembentukan baitul mal (badan amal) dan menyelenggarakan peringatan hari-hari besar keagamaan.

                  B.     ORGANISASI SEMI MILITER
a.      Seinendan (Barisan Pemuda / Korps Pemuda)












      Dibentuk pada tanggal 29 April 1943, tepat pada hari ulang tahun Kaisar Jepang. Organisasi tersebut berada di bawah Gunseikkan. Organisasi tersebut langsung bertujuan untuk mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan Tanah Airnya dengan kekuatan sendiri. Namun sebenarnya, maksud tersembunyi organisasi tersebut adalah untuk mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan untuk kemenangan perang Jepang. Awalnya, beranggotakan pemuda-pemuda Asia yang berusia 15-25 tahun. Namun, usia anggotanya kemudian diubah menjadi 14-22 tahun. Pada awalnya, Seinendan beranggotakan sebanyak 3500 orang yang berasal dari seluruh Jawa. Jumlah tersebut berkembang menjadi 500.000 orang pemuda pada akhir masa pendudukan Jepang.
b.      Keibodan (Barisan Pembantu Polisi)













     Oraganisasi ini dibentuk bersamaan dengan pembentukan Seinendan. Bedanya, pembentukan Keibodan tampak bahwa pemerintah pendudukan Jepang berusaha agar tidak terpengaruh oleh golongan nasional. Bahkan, kaum nasionalis pada tigkat bawah tidak mempunyai hubungan dengan Keibodan, karena badan ini langsung ditempatkan di bawah pengawasan Polisi. Selain Jawa kedua badan tersebut juga dibentuk di Sumatra dan daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan angkatan laut. Di Sumatra Keibodan disebut Bogodan. Di Kalimantan I kenal dengan Borneo Konan Hokko Kudan.
c.       Syuisyintai (Barisan Pelopor)
Dibentuk pada tanggal 1 November 1944. Dibentuk sebagai hasil keputusan siding ke 3 dari Chuo Sangi In. tokoh nasionalis yang duduk dalam barisan pelopor berusaha memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk menanamkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda.
d.      Fujinkai (Barisan Wanita)









        Dibentuk pada Bulan Agustus 1943, anggotanya terdiri atas wanita yang berumur 15 tahun ke atas. Tugas Fujikai adalah ikut memperkuat pertahanan dengan cara mengumulkan dana wajib berupa perhiasan, hewan ternak, dan bahan makanan untuk kepentingan perang.
e.       Hizbullah
Berdiritanggal 15 Desember 1944. Yang dalam istilah Jepang disebut Kaikyo Seinen Teishintai. Dengan tugas pokoknya :
1.     Sebagai tentara cadangan dengan tugas dan program antara lain :
-          Melatih diri dengan segiat-giatnya
-          Membantu tentara Dai Nippon
-          Menjaga bahaya udara dan mengintai mata-mata musuh
-          Mengiatkan dan menguatkan usaha-usaha untuk kepentingan perang
2.     Sebagai pemuda Islam dengan tugas dan program antara lain :
-          Menyiarkan agama Islam
-          Memimpin umat Islam agar taat menjalankan agama Islam
-          Membela agama dan umat Islam di Indonesia
                 C.      ORGANISASI MILITER PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG
a.      Heiho (Pasukan Pembantu)
Adealah prajurit Indonesia yang langsung di tempatkan di organisasi militer Jepang baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut. Syarat menjadi tentara Heiho :
1.     Umur 15-25 tahun
2.     Berbadan sehat
3.     Berkelakuan baik
4.     Berpendidikan minimal SD
Tujuan pembentukan Heiho adalah membantu tentara Jepang. Organisasi ini dibentuk tanggal 2 September 1942 dan mulai merekrut anggota tanggal 22 April 1943.
Organisasi Heiho lebih terlatih di dalam bidang militer dibandingkan dengan organisasi-organisasi lain. Kesatuan Heiho merupakan bagian integral dari pasukan Jepang. Mereka sudah dibagi-bagi menurut kompi dan dimasukkan ke kesatuan Heiho menurut daerahnya, di Jawa menjadi bagian Tentara ke 16 dan di Sumatra menjadi bagianTentara ke 25. Selain itu, juga sudah terbagi menjadi Heiho bagian Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan juga bagian Kompetei (kepolisian). Jumlah anggota Heiho sekitar 42.000 orang dan sebagian besar sekitar 25.000 orang di Jawa.
b.      Peta (Pembela Tanah Air)
Peta adalah organisasi militer. Karena itu, peta mendapatkan kemiliteran. Mula-mula yang ditugasi untuk melatih anggota Peta adalah seksi khusus dari bagian intelejen disebut Tokubetsu Han. Peta dibentuk tanggal 3 Oktober 1943 berdasarkan Maklumat Osamu Seirei no. 44 yang diumumkan oleh Panglima Tentara ke 16, Letnan Jendral Kumakici Harada sebagai tentara sukarela. Pelatihan pasukan Peta dipusatkan di kompleks militer Bogor yang diberi nama Jawa Bo-Ei Giyugun Kanbu Resentai. Setelah menyelesaikan pelatihan, mereka di tempatkan di berbagai daidan (batalion) yang tersebar di Jawa, Madura, dan Bali. Tentara Peta besar dalam Perang kemerdekaan Indonesia.
Menurut struktur kemiliteran, Peta tidak secara resmi ditempatkan pada struktur organisasi tentara Jepang, hal ini memang berbeda dengan Heiho. Peta dimaksudkan sebagai pasukan gerilya yang membantu melawan apabila sewaktu-waktu terjadi serangan dari pihak musuh. Jelasnya, Peta bertugas membela dan mempertahankan tanah air Indonesia dari serangan sekutu.
Tokoh-tokonya antara lain mantan Presiden Soeharto dan Jendral besar Soederman. Banyak diantara berbagai lapisan masyarakat yang tertarik untuk menjadi anggota Peta. Sampai akhir pendudukan Jepang anggota Peta sekitar 37.000 di Jawa dan 20.000 di Sumatra.


1 komentar:

  1. 8x , 9x , 10x BONUS WIN BERUNTUN

    Syarat dan ketentuan :
    ♣ Promoo ini hanya bagi member bolavita yang mendapatkan kemenangan 8x-10x berturut-turut tanpa kalah
    ♣ Minimal bet untuk setiap pertandingan adalah Rp 20.000 untuk hadiah bonus 8x win
    ♣ Minimal bet untuk setiap pertandingan adalah Rp 50.000 untuk hadiah bonus 9x & 10x win
    ♣ Bebas pada arena maupun
    ♣ Tidak boleh ada draw ataupun kalah
    ♣ Claim bonus harus dilakukan pada hari yang sama

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    BalasHapus